TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 21, 2016

Penemu Teori Atom - John Dalton


Ada banyak sekali definisi atau pengertian atom menurut para ahli, Namun pengertian atom secara umum yaitu atom merupakan partikel-partikel yang mempunyai ukuran sangat kecil yang menyusun sebuah benda atau materi. Dalam atom pun masih terdapat bagian-bagian yang dinamakan sub atom yaitu penyusun dari atom tersebut yaitu inti atom yang terdiri dari proton dan neutron serta terdapat juga elektron yang mengelilingi inti atom.
Penemu Teori Atom - John Dalton
John Dalton
John Dalton adalah seorang ahli kimia, fisika, dan meteorologi asal Inggris. Dia terkenal karena kepeloporannya dalam pengembangan teori atom modern. John Dalton dilahirkan dalam sebuah keluarga di pemukiman Eaglesfield, dekat kota Cockermouth, di daerah Cumberland, Inggris pada tanggal 6 September 1766. Ayahnya adalah seorang penenun. Dia menerima pendidikan awal dari ayahnya dan dari Quaker John Fletcher yang mengelola sebuah sekolah swasta di Pardshaw Hill. Dia hidup dalam keluarga yang miskin. Dia mulai mencari nafkah sendiri pada usia sepuluh tahun. Dia mulai mengajar di sebuah sekolah lokal pada usia 12 tahun, dan mahir berbahasa latin pada usia 14 tahun.

Istilah “Atom” ini berasal dari bahasa yunani atomos yang berarti tidak dapat dipotong. Sesuai pengertian tersebut,Atom-atom adalah partikel penyusun semua benda yang berukuran sangat kecil. Di dalam atom juga terdapat sub-atom, yaitu partikel penyusun atom yang ukurannya lebih kecil. Sulit bagi kita untuk membayangkan seberapa kecil atom ini, satu titik yang ada di akhir kalimat ini saja memiliki panjang sekitar 20 juta atom. Setiap atom memiliki inti, yang terdiri dari proton dan neutron, serta elektron yang bergerak cepat di sekitar inti. Elektron-elektron ini terdapat pada tingkatan energi yang berbeda-beda, yang disebut kulit, tiap kulit memiliki jumlah batas untuk elektron, apabila elektron di kulit pertama sudah memenuhi batas, maka elektron akan memenuhi kulit kedua dan seterusnya.

Pada tahun 1803, John Dalton dalam bukunya yang berjudul New System of Chemical Philosophy berhasil mencetuskan sebuah teori mengenai atom, dimana teorinya ini berdasarkan hasil eksperimen yang ia lakukan. Ia menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi lagi. Tiap-tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan massa identik, dan senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur bergabung dalam komposisi yang tetap. Dari sini bisa disimpulkan bahwa penemu dari Atom Modern yaitu John Dalton. meskipun sebelumnya ada orang yang mencetuskan mengenai atom tetapi John Dalton berhasil membuktikan mengenai keberadaan atom tersebut melalui sebuah eksperimen sehingga ia bisa dikatakan sebagai penemu dari teori atom modern. 

John Dalton menderita stroke ringan pada tahun 1837 dan yang kedua pada tahun 1838 sehingga dia menderita gangguan berbicara, tetapi dia tetap bisa melakukan eksperimen. Dalton meninggal dunia pada tanggal 27 Juli 1844, dia ditemukan oleh pelayannya jatuh dari tempat tidurnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.