TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 21, 2016

Penemu Aljabar - Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi


Aljabar adalah salah satu pelajaran yang kita dapat di mata pelajaran Matematika. Anda akan mendapatkan aljabar pada saat kelas 8 SMP (Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama). Tanpa aljabar, mungkin murid-murid yang tidak menyukai matematika akan selamanya menjadi orang yang bodoh. Tahukah anda siapa penemu aljabar ini? Dia adalah al Khwarizmi. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi.
Penemu Aljabar - Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi
Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi
Para ahli sejarah yakin kalau karya-karya milik al-Khwarizmi yaitu tentang aljabar merupakan buku pertama di dunia dalam sejarah di mana istilah aljabar muncul dalam konteks disiplin ilmu. Aljabar merupakan karya dari seorang ahli matematika yaitu al-Khwarizmi yang menulis sebuah buku pertama yang berisi tentang pembahasan mengenai solusi solusi sistematik dari linear dan juga notasi kuadrat. Al-Khwarizmi juga di juluki sebagai Bapak Aljabar.

Al-Khwarizmi bukan hanya berperan dalam ilmu matematika, dia juga berkontribusi dalam kebahasaan. Aljabar berasal dari kata Al-Jabr, yang merupakan satu dari dua operasi dalam matematika yang berguna untuk menyelesaikan notasi kuadrat, ini tercantum dalam buku milik Al Khwarizmi. Nah, salah satu dari bentuk aljabar tersebut adalah Persamaan Linear dan Pertidaksamaan Linear.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.