TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 9, 2016

Penemu Radio - Guglielmo Marconi


Siapa yang belum pernah mengenal radio? Mulai dari adik kita yang paling kecil sampai kakek kita yang sudah uzur, pasti tahu dengan yang namanya radio. Namun seberapa banyak yang mengenal Marconi, sang Penemu radio? Ya, Guglielmo Marconi memang tokoh yang dikenal sebagi penemu radio.
Penemu Radio - Guglielmo Marconi
Guglielmo Marconi
Gugliemo Marconi lahir di Bologna, Itali, 25 April 1874. Ia adalah anak kedua dari pasangan Giuseppe Marconi dan Annie Jamison. Ia menyelesaikan pendidikannya di sekolah-sekolah swasta di Bologna, Frorence, dan Leghorn. Sejak kecil ia telah menunjukkan ketertarikannya pada bidang elektro dan fisika. Ketertarikan itu mendorongnya untuk mempelajari pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan Maxwell, Hertz, Right, Lodge, dan lainnya.

Tahun 1895, ia memulai eksperimennya di Pontecchio, yang kelak mengantarkannya sebagai penemu sistem telegrafi tanpa kabel. Tahun 1896, Marconi mendirikan sebuah perusahaan bernama The Wireless Telegraph & Signal Company Limited. Di tahun yang sama, ia berkesempatan mendemonstrasikan sistem temuannya, dimana komunikasi menggunakan sinyal tanpa kabel dikirimkan dengan jarak lebih dari 12 mil. Lalu pada tahun 1899, ia membuat isyarat radio antara Prancis dan Inggris. Selanjutnya ia memasang stasiun tanpa kabel secara permanen di Needles, Bournemouth, dan selanjutnya di Hotel Haven, Poole, Dorset.
Guglielmo Marconi dengan stasiun radio temuannya
Guglielmo Marconi dengan stasiun radio temuannya
Tahun 1900, ia mendapatkan hak paten untuk sintonik telegraf. Dan pada akhir tahun 1901, ia dituntut untuk membuktikan bahwa gelombang tanpa kabel tidak dipengaruhi oleh lekukan bumi. Ia menggunakan sistemnya untuk mengantarkan sinyal radio pertama yang menyebrangi Lautan Atlantik antara Poldhu, Cornwall, dan St. John's, Newfoundland, dengan jarak 2100 mil.

Tahun 1902 dalam pelayarannya, pertama kalinya ia mendemonstrasikan sinar yang dihubungkan dengan komunikasi tanpa kabel. Desember 1902, ia mengirimkan pesan pertama ke Poldhu dari stasiun Glace Bay, Nova Scotia, dan Cape Cod, Massachusets. Percobaan itu mencapai puncaknya pada tahun 1907, saat dibukanya layanan komersial telegraf antara Glace Bay dan Clifden, Irlandia. Dan untuk selanjutnya antara Bari di Itali dan Avidari di Montenegro.

Tahun 1923, setelah beberapa kali melakukan tes di beberapa laboratorium di Inggris, sebuah serial percobaan ia temukan antara instalasi percobaanya di stasiun Poldhu dan kapal Marconi, Eletra, yang berlayar antar Laut Atlantik dan Laut Mediterania. Tahun 1931, Marconi mulai meneliti sifat yang lebih luas dari gelombang pendek yang kemudian menghasilkan radio telepon gelombang mikro pertama yang menghubungkan Kota Vatikan dan Gandolfo. Dua tahun kemudian di Sestri Levante, ia mendemonstrasikan mercusuar radio gelombang mikro untuk membantu navigasi kapal. Dan pada tahun 1935, ia mendemonstrasikan prinsip-prinsip dasar.

Marconi meninggal dunia di Roma, Itali, pada 20 Juli 1937. Dunia mengenangnya sebagai orang yang berperan besar dalam pengembangan telegram, telepon, dan pemancar radio. Semasa hidupnya, Marconi banyak mendapatkan beberapa gelar doktor dari beberapa universitas dan penghargaan internasional diantaranya adalah Penghargaan Nobel Bidang Fisika pada tahun 1909, Medali Albert dari Royal Society of Art, Medali John Fritz, dan Medali Kelvin. Ia juga diberi gelar kehormatan oleh Kaisar Rusia.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.