TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

January 24, 2016

Penemu Kendaraan Berbantal Udara - Christopher Crockerel


Di era 50-an, ditemukan sebuah kendaraan besar berbentuk kapal laut yang justru berjalan di udara. Disebut hovercraft atau yang lebih dikenal sebagai kapal berbantal udara.
Penemu Kendaraan Berbantal Udara
Christopher Crockerel
Kapal ini didorong oleh baling-baling yang terletak di atasnya, dan menggunakan mesin ACV (Air Chusion Vehicle). Mesin ini dirancang untuk beroperasi dimana bantalan udara pada ketinggian beberapa centimeter diatas permukaan darat dan air.

Bantal udara dilengkapi beberapa kipas yang mempunyai tenaga yang sangat besar dan berputar pada sebuah poros vertikal yang diarahkan kearah bawah laut. Mesin ACV dapat mencapai kecepatan 100 knot mil laut. Kapal ini juga dapat dioperasikan diatas pantai, daratan, dan perairan dangkal. Pada waktu pengujian, kapal ini dapat meluncur dengan kecepatan kurang lebih 185 km/jam hanya dengan menggunakan sebagian tenaga ACV-nya saja.

Kendaraan ini ditemukan oleh Christopher Crockerel. Christopher lahir pada tahun 1910 di Inggris. Dia menciptakan hovercraft pada tahun 1955. Saat itu, Christopher mencoba memikirkan bagaimana caranya menggunakan semburan udara kebawah laut dengan kuat untuk mengangkat motor boat keatas air agar memungkinkannya bergerak. Akhirnya Christopher berhasil mewujudkan keinginannya itu.

Kemudian ia memberitahukan penemuannya itu ke Kerajaan Inggris. Mereka tertarik dan menganggapnya sebagai penemuan rahasia yang sangat tinggi. Pemerintah Inggris kemudian memberikan wewenang kepada Christopher untuk membuat hovercraft dalam ukuran yang lebih besar. Hovercraft itu jadi dan diluncurkan pada tahun 1969.

Setelah ditemukannya prinsip-prinsip kapal berbantal udara itu, para ilmuwan mengembangkannya ke kendaraan-kendaraan beroda yang lain untuk menahan kira-kira 75% dari berat kendaraan tersebut.